Twitter
LinkedIn
YouTube
Facebook

Instalasi Driver Printer Epson L350 Pada Ubuntu Desktop 12.04

download

Driver printer yang ada dalam Ubuntu Desktop 12.04 yang baru terinstall tidak selalu terdiri dari semua printer yang baru. Contoh yang terjadi adalah pada produk baru printer Epson L350 (tinta infus yang cukup irit), belum ada drivernya dalam Ubuntu 12.04 yang baru saja terinstall. Diperlukan disedikit kesabaran dan googling di internet untuk mencari tahu caranya agar printer yang dilengkapi scanner itu dapat berfungsi dengan baik, entah untuk mencetak maupun untuk memindai (scan).

Berikut ini caranya agar printer Epson L350 bisa digunakan untuk mencetak dan memindai (scan) :

• Computer harus terhubung ke Internet, agar bisa mengupdate package Ubuntu.

• Printer dalam keadaan off.

• Download driver-drivernya disini dan ketik pada product name : L350 dan operating systemnya Linux. Downloadlah untuk driver printernya terlebih dahulu, pilih yang berakhiran deb dan sesuaikan dengan tipe Ubuntu yang diinstall apakah 32 bit atau 64 bit. Setelah driver printernya didownload, download pulalah driver scannernya, pilih semua yang berakhiran deb dan sesuaikan dengan tipe Ubuntu yang diinstall apakah 32 bit atau 64 bit.

Seperti pada gambar di bawah ini, pada kotak Enter product name, ketik L350. Lalu di bawahnya, di bawah Operating System, pilih Linux. Kemudian klik search (gambar kaca pembesar).

Kemudian akan muncul driver printer dan scannernya. Klik tombol download dari file yang didownload, misalnya driver printer di bawah ini.

Kemudian muncul License Agreement. Klik tombol Accept, seperti di bawah ini.

Setelah itu, akan muncul detail driver printer tersebut. Klik tombol download dari file driver yang diperlukan. Pilih yang berakhiran i386.deb untuk Ubuntu Desktop 12.04 32 bit, seperti di bawah ini.

Kemudian simpanlah file yang didownload, seperti gambar di bawah ini.

Kemudian kembalilah ke tampilan layar browser internet seperti di bawah ini untuk mendownload driver scannernya. Klik tombol download dari file scanner di bawah ini.

Kemudian muncul License Agreement. Klik tombol Accept, seperti di bawah ini.

Setelah itu, akan muncul detail driver scanner tersebut. Klik tombol download dari file driver yang diperlukan. Simpan semua file yang berakhiran i386.deb dan yang berakhiran all.deb untuk Ubuntu Desktop 12.04 32 bit, seperti di bawah ini.

• Setelah semua driver yang diperlukan didownload, bukalah aplikasi Terminal. Kemudian masuklah ke folder Downloads, dengan mengetik cd Downloads (enter).

• Kemudian untuk menginstall driver printer dan sekaligus driver scannernya juga, ketiklah sudo dpkg -i *.deb (enter). File-file lain yang diperlukan selama instalasi juga akan dicari lewat Internet.

• Lalu ketik sudo apt-get -f install (enter) utk install file dependencies yg hilang. Dia akan cari di internet.

Setelah proses instalasi driver printer dan scannernya selesai, kini waktunya untuk menambah printer, dengan add printer, seperti gambar di bawah ini. Klik tombol foward.

Kemudian proses mencari driver terjadi, seperti gambar di bawah ini.

Setelah selesai prosesnya, akan muncul nama printernya, seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik tombol Apply, seperti di bawah ini.

Kemudian muncul tampilan untuk print test page, seperti di bawah ini. Kliklah Print Test Page, setelah memasukkan kertasnya.

• Untuk mencoba scannernya, restartlah komputernya terlebih dahulu.

• Kemudian gunakan aplikasi Simple Scan untuk men-scan (memindai) dokumen.

Setelah memasukkan dokumen yang akan discan (dipindai), klik scan pada menu. Setelah dokumennya muncul di layar setelah discan, klik save pada menu, bila ingin disimpan.

Selamat mencoba.


Leave a Reply