Twitter
LinkedIn
YouTube
Facebook

Instalasi Driver Printer HP Deskjet 1180c Pada Ubuntu Desktop 12.04

Driver printer HP Deskjet 1180c yang ada dalam Ubuntu Desktop 12.04 kebetulan sudah ada drivernya. Sebelumnya sulit sekali untuk mencari driver yang cocok di Linux Ubuntu khususnya untuk printer jenis ini. Dengan adanya driver printer itu, akan memudahkan instalasi printer tersebut untuk digunakan mencetak dokumen-dokumen kerja di kantor maupun di rumah.
HP1180c-01

Driver printer HP Deskjet 1180c yang ada dalam Ubuntu Desktop 12.04 kebetulan sudah ada drivernya. Sebelumnya sulit sekali untuk mencari driver yang cocok di Linux Ubuntu khususnya untuk printer jenis ini. Berikut ini adalah caranya agar printer HP Deskjet 1180c bisa digunakan untuk mencetak :

Hubungkan printer ke computer anda, dan pastikan printer anda dalam keadaan on (menyala). Kemudian klik Dashboard (gambar logo Ubuntu di kiri atas), lalu ketik kata ‘Printer’ (tanpa tanda kutip). Lalu akan muncul tampilan (window) seperti di bawah ini yang berisi nama printernya yang muncul di kiri atas window Select Device (dgn sorot warna merah).
AddPrinterHP1180C-01edit

Setelah muncul tampilan seperti di atas, klik tombol Forward. Kemudian muncul window Searching, ada pesan sedang mencari driver printer tersebut. Diamkan saja, tidak usah diganggu. :)
04

Seperti gambar di atas, muncul window Choose Driver, akan terlihat daftar Makes (pembuat) printer tersebut, yaitu HP (sudah tersorot/terpilih). Kemudian klik tombol Forward, utk melanjutkan proses.
05

Pada model printer, pilih Deskjet 1125. Kemudian di sebelah kanannya, di dalam kelompok Drivers, pilih HP Deskjet 1125, hpcups 3.12.2[en](recommended). Lalu klik tombol Foward.
06

Kemudian beri tanda tick pada Duplexer Installed. Lalu klik tombol Foward.
07

Kemudian muncul window Describe Printer yang berisi summary printer tersebut. Lanjutkan saja dengan mengklik tombol Apply.
08

Kemudian akan muncul window berupa message/pesan ingin mentest pencetakan. Masukkan kertas bila ingin melakukan hal itu, diikuti mengklik tombol Print Test Page. Sebaliknya klik tombol Cancel bila tidak ingin mentest pencetakan.


Leave a Reply