Twitter
LinkedIn
YouTube
Facebook

Instalasi Google Chrome Pada Ubuntu

download

Ketika pertama kali menginstal Ubuntu 12.04 LTS, baik untuk Desktop maupun LTSP Server atau sering disebut juga Terminal Server atau Thin Client, biasanya browser Google Chrome tidak disertakan dalam instalasi tersebut. Sehingga bila ingin browser Google Chrome ada dalam Ubuntu Desktop atau LTSP Server, kita harus menginstalnya kemudian, setelah instalasi awal Ubuntu Desktop atau LTSP Server tersebut. Ada beberapa cara untuk menginstal browser Google Chrome pada Ubuntu Desktop atau LTSP Server. Ada yang memilih menginstalnya lewat website resminya, yaitu di alamat https://support.google.com/chrome/answer/95346?hl=en, dan memilih instalasi untuk Linux Ubuntu yang berextension deb.

Ada juga yang menginstalnya lewat PPA (Personal Package Archive) khusus untuk Google Chrome. Saya lebih memilih mendownloadnya lewat command line bernama wget, kemudian menginstalnya. Ini caranya :

Buka Terminal dan ketik perintah di bawah ini untuk menyimpan dimana hasil downloadnya :
cd /tmp

Untuk yang versi 32 bit, gunakan link di bawah ini :

wget https://dl.google.com/linux/direct/google-chrome-stable_current_i386.deb

Tapi untuk versi 64 bit, gunakan link di bawah ini :

wget https://dl.google.com/linux/direct/google-chrome-stable_current_amd64.deb

Setelah downloadnya selesai, jalankan command di bawah ini, setelah masuk ke folder /tmp tempat dimana hasil download file tersebut disimpan :

sudo dpkg -i google-chrome* (enter)

sudo apt-get -f install (enter)

Setelah instalasi selesai, klik Unity Dash (logo Ubuntu di kiri atas), kemudian cari atau ketik Google Chrome. Setelah muncul iconnya, klik untuk menjalankannya.

Selamat mencoba!


Leave a Reply