Twitter
LinkedIn
YouTube
Facebook

Instalasi Web Server dan LAMP di Ubuntu Desktop 15.04

virtualMachine

Web Server adalah sebuah komputer server yang dijadikan tempat menyimpan website yang dapat diakses oleh orang-orang di satu kantor, ataupun di satu gedung, bahkan bisa juga dibuat agar bisa diakses oleh orang-orang di luar kantor ataupun di luar gedung. Web server juga bisa dibuat diakses oleh beberapa gedung saja (yang masih satu perusahaan yang sama), ataupun dibuat agar dapat diakses dimana-mana, di seluruh dunia. Agar komputer yang berfungsi sebagai web server tersebut dapat diakses dari banyak tempat, diperlukan di dalamnya terdapat aplikasi atau perangkat lunak yang menjadi tulang punggung World Wide Web. Tanpa web server mustahil kita dapat mengunjungi suatu situs di internet. Apache merupakan Web server open source yang tersedia di berbagai platform, termasuk Linux & Windows. Web server ini terkenal cukup handal dan banyak digunakan oleh sebagian besar, lebih dari 50 persen Website yang ada di Internet, menggunakan Apache sebagai perangkat lunak Web Server mereka. Selain kuat dan tangguh, Apache juga dapat diperoleh dengan gratis (FOSS atau free open source software).

Web server menerima permintaan dari host yang meminta layanan kepadanya, seperti Netscape, Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan web browser lainnya. Ketika web server mendapatkan permintaan dari klien, ia memprosesnya dan mengembalikan data tersebut ke klien yang memintanya. Data yang dapat diakses melalui web server dapat berupa text, gambar dan audio.

Selain itu database yang terletak dalam database server seperti MySQL juga dapat ditampilkan melalui web server dengan menggunakan web programming seperti PHP, sehingga dikenal dengan istilah LAMP (Linux Apache MySQL PHP). Database MySQL nya pun bisa diakses secara text maupun Graphical (GUI), dengan menggunakan PHPMyAdmin misalnya. Berikut ini cara menginstal Web Server di Linux Ubuntu Desktop 15.04.

Instalasi Apache

Untuk menginstall Apache, buka Terminal, dan ketik command/perintah seperti di bawah ini:
sudo apt-get update
dan
sudo apt-get install apache2 (enter)
virtualMachine

Sekarang kita pastikan apakah instalasi Web Servernya sudah berhasil atau belum dengan mengaksesnya lewat internet browser, dengan alamat IP servernya bila diakses dari komputer lain di kantor kita (contohnya, http://10.100.1.178).
virtualMachine

Data website (seperti hasil program untuk tam[ilan di atas) secara default tersimpan di folder /var/www/html. Sedangkan file settingannya ada di folder /etc/apache2/apache2.conf. File dokumentasi apache2 lebih jauh bisa di akses di folder /usr/share/doc/apache2/README.Debian.gz. Selain dengan alamat IP computer kita seperti di atas, bisa juga mengaksesnya di internet browser pada komputer server tesebut dengan alamat http://localhost. Hasil tampilannya akan seperti di bawah ini.
virtualMachine

Instalasi MySQL

Untuk menginstall MySQL, buka Terminal, dan ketik command/perintah seperti di bawah ini:
sudo apt-get install mysql-server libapache2-mod-auth-mysql php5-mysql

Selama proses instalasi, MySQL akan menanyakan Anda untuk membuat password user root (super user). Jika Anda melewatkan kesempatan untuk membuat password tersebut, Anda bisa melakukannya nanti setelah selesai intalasi, lewat perintah mode text di MySQL.
virtualMachine

Setelah instalasi MySQL selesai, kita harus mengaktifkannya, dengan perintah:
sudo mysql_install_db
virtualMachine

Kemudian selesaikan dengan menjalankan MySQL set up script seperti di bawah ini:
sudo /usr/bin/mysql_secure_installation

Mula-mula Anda akan ditanyakan apa password root. Setelah Anda berhasil memasukkan password root, Anda akan ditanya, Change the root password? Jawab saja dengan menekan tombol n lalu lanjutkan ke proses selanjutnya. Pada pertanyaan Remove anonymous users? Jawab saja dengan menekan tombol y lalu lanjutkan ke proses selanjutnya. Pada pertanyaan Disallow root login remotely? Jawab saja dengan menekan tombol y lalu lanjutkan ke proses selanjutnya. Pada pertanyaan Remove test database and access to it? Jawab saja dengan menekan tombol y lalu lanjutkan ke proses selanjutnya.
virtualMachine

Kemudian pada pertanyaan Reload privilege tables now? Jawab saja dengan menekan tombol y lalu lanjutkan ke proses selanjutnya.
virtualMachine

Instalasi PHP

PHP adalah bahasa pemrograman web yang open source, yang digunakan secara luas untuk membangun web yang dinamis. Untuk menginstall PHP, buka Terminal, dan ketik command/perintah seperti di bawah ini:
sudo apt-get install php5 libapache2-mod-php5 php5-mcrypt

Bila ada pertanyaan, jawab saja yes, kemudian instalasi PHP akan diselesaikan.
virtualMachine

Setelah proses instalasi PHP selesai, kita tambahkan PHP ke direktori index, dengan mengeditnya di editor. Lakukan perintah seperti di bawah ini:
sudo nano /etc/apache2/mods-enabled/dir.conf

Lalu tambahkan index.php di awal file index, seperti tampilan di bawah ini:
virtualMachine

Kini kita coba melihat apakah PHP sudah bisa digunakan, dengan membuat program kecil berupa info php. Mula-mula kita akan membuat file program yang bernama info.php di folder /var/www/html yang merupakan folder default Web Server. Dari Terminal, berikan perintah seperti di bawah ini:
sudo nano /var/www/html/phpinfo.php

Lalu kita tambahkan coding/program seperti pada tampilan di bawah ini:
virtualMachine

Setelah selesai diedit filenya, simpan file dan sekaligus tutup editor nano setelah menekan tombol Ctrl-x (tombol ‘Ctrl’ dan tombol ‘x’), serta diikuti menekan tombol ‘y’ untuk konfirmasi. Kemudian restart apache, supaya mengupdate semua perubahan yang dibuat tadi berhasil, dengan perintah:
sudo service apache2 restart
dan
sudo service apache2 status bila ingin melihat statusnya
virtualMachine

Sekarang kita kunjungi halaman info php dari web browser, dengan alamat IP servernya bila diakses dari komputer lain di kantor kita (contohnya, http://10.100.1.178) dengan mengetik alamat di web browser: http://10.100.1.178/phpinfo.php tapi bila diaksesnya langsung lewat komputer web server itu sendiri bisa diketik dengan alamat: http://localhost/phpinfo.php yang kedua-duanya akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini:
virtualMachine

Selamat mencoba!