Twitter
LinkedIn
YouTube
Facebook

Tools Untuk Samba Server

smbstatus1

Seorang System Administrator harus mengetahui tools apa saja yang berguna yang sangat diperlukan ketika berhadapan dengan masalah jaringan yang ditanganinya. Di samping kedua program ‘nmbd’ dan ‘smbd’ yang merupakan layanan dasar Samba pada Linux, paket Samba berisi beberapa program/tools lain yang juga sangat berguna sebagai penolong dalam kondisi darurat.

Mengatasi Masalah Akses

Bila ada masalah, perlu diketahui, PC mana yang sedang menggunakan server Samba dan file-file mana pada server yang sedang terpakai. Untuk itu gunakan program ‘smbstatus’. Dijalankan tanpa parameter, tools ini akan menunjukkan daftar sharing yang terkoneksi pada setiap client yang menggunakan server Samba. Selain itu tools ini juga mencatat kapan koneksi dibangun.

Bila ada file yang dibuka, tampak nama file, modus yang digunakan (baca / tulis) dan bila ada juga locking-flags. Koneksi file-file terbuka dengan client dapat kita lihat pada parameter ‘PID’ yang ditampilkan nomor subproses Samba yang mengelola koneksi tersebut.

Menguji Penerjemahan Nama

Untuk menguji penerjemahan nama dalam jaringan Windows, tersedia tools ‘nmblookup’. Sebagai parameter, masukkan nama sebuah komputer Windows. Selanjutnya, tools akan melakukan pencarian dalam jaringan. bila PC tersebut ditemukan, tools akan menampilkan alamat IP dari komputer tersebut.

Menggunakan Tools Sharing

Tools ‘smbclient’ memungkinkan Linux memanfaatkan Windows-sharing pada sebuah PC Windows atau sebuah server Samba lainnya. Ini dapat dilakukan dengan perluasan sistem file menggunakan perintah ‘mount’. Perintah ‘mount’ dapat digunakan dengan option ‘tsmbfs’. Namun, jika hendak me-mounting samba resources pada jaringan, akan lebih mudah menggunakan perintah ‘smbmount’, yang digunakan seperti perintah ‘mount’ biasa. Dengan parameter ‘-o’, detail lain mengenai koneksi akan ditampilkan.

Untuk memasukkan sharing ‘docs’ dari PC ‘Win98′ ke dalam direktory Linux ‘/docs’, ketikkan perintah seperti di bawah ini:

smbmount //Win98/docs /docs -o username=saya,password=passaya

Informasi lain mengenai mounting SMB shraring, dapat dilihat dengan perintah ‘man smbmount’ melalui terminal/shell.

Selamat mencoba!


Leave a Reply