Twitter
LinkedIn
YouTube
Facebook

Virtual Machine di Windows menggunakan VirtualBox

virtualMachine

Dalam ilmu komputer, virtualisasi (bahasa Inggris: virtualization) adalah istilah umum yang mengacu kepada abstraksi dari sumber daya komputer. Definisi lainnya adalah “sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan) terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal. Istilah virtualisasi sudah digunakan secara luas sejak 1960-an, dan telah diaplikasikan kepada beberapa aspek komputer—dari keseluruhan sistem komputer sampai sebuah kemampuan atau komponen individu. Secara umum semua teknologi virtualisasi mengacu kepada “menyembunyikan detail teknis” melalui enkapsulasi. (Sumber: id.wikipedia.org)

Jadi virtualisasi menciptakan sebuah versi virtual (bukan sebenarnya), suatu entitas seperti sistem operasi, server, perangkat penyimpanan atau sumber daya jaringan. Contoh sederhana virtualisasi adalah membagi hard disk menjadi beberapa partisi. Partisi pembagian satu hard disk menjadi dua hard disk secara logik, bukan fisik, karena masih tetap dalam satu fisik hard disk yang sama. Pada sistem operasi, virtualisasi bisa dilihat dalam penggunaan perangkat lunak untuk memungkinkan satu perangkat keras dapat menjalankan beberapa sistem operasi pada saat yang sama. Hal ini sudah dimulai pada jenis computer mainframe beberapa dekade yang lalu. Tujuannya adalah agar administrator bisa menghindari pemborosan daya proses yang mahal sehingga bisa meningkatkan efisiensi.

Dalam artikel ini kita akan menginstal salah satu aplikasi virtual machine yang terkenal yang juga salah satu free software, yaitu VirtualBox milik Oracle. Kali ini kita akan menginstalnya dalam sistem operasi Windows. Pada artikel berikutnya nanti, saya akan buatkan untuk diinstal di Linux. Mula-mula downloadlah aplikasinya terlebih dahulu di alamat websitenya di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads dan sesuaikan sistem operasi dan arsitektur komputer Anda. Setelah didownload, install-lah di komputer Anda, dengan mendouble-klik file hasil downloadnya. Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Lanjutkan dengan mengklik tombol ‘Next’.
Install_VBox_4.3.28-01-edit

Kemudian pilih folder hasil instalasi akan ditaruh dimana. Atau Anda bisa lanjutkan klik ‘Next’ bila ingin menyimpannya di folder default (yang disarankan).
Install_VBox_4.3.28-02-edit

Kemudian ada pertanyaan apakah Anda ingin agar dibuatkan shortcutnya di desktop. Kita klik saja ‘Next’.
Install_VBox_4.3.28-03-edit

Lalu akan ada pertanyaan bahwa instalasi ini akan mereset sistem koneksi jaringan (internet maupun lokal) sehingga akan membuatnya tidak terhubung dengan jaringan untuk sementara. Kita klik saja ‘Yes’.
Install_VBox_4.3.28-04-edit

Bila kita telah siap untuk menginstalnya, klik saja tombol ‘Install’.
Install_VBox_4.3.28-05-edit

Kemudian akan muncul konfirmasi sekali lagi dari Windows Security apakah kita telah siap untuk menginstalnya. Kita klik saja tombol ‘Install’.

Install_VBox_4.3.28-06a-KlikYesAtauInstall-edit

Proses instalasi akan berjalan. Anda bisa menikmati secangkir kopi hangat atau teh manis untuk menunggu selesainya proses instalasi.
Install_VBox_4.3.28-06b-prosesBerjalan-edit

Kemudian klik tombol ‘Finish’ bila instalasi telah selesai.
Install_VBox_4.3.28-07-klikFinishKaloSdhSelesai-edit

Selamat mencoba!


Leave a Reply