Twitter
LinkedIn
YouTube
Facebook

Hak akses di bawah Linux

Ls_command02

Di bawah Linux, setiap file atau folder dimasukkan ke dalam 3 level akses berikut ini.
–> Owner (pemilik)
–> Group (kelompok)
–> Other (user lainnya)
Untuk setiap level dapat diberikan hak akses berbeda:
–> ‘r’ seperti ‘read’ untuk akses baca
–> ‘w’ seperti ‘write’ untuk akses tulis
–> ‘x’ seperti ‘execute’ untuk menjalankan file (pada folder berarti boleh dibuka)

Bila kita menampilkan isi sebuah folder Linux dengan ‘ls -l’, tampak di sisi kiri, hak akses file, misalnya ‘-rwxrw-r–‘. Dibaca dari kiri ke kanan, hak akses pemilik untuk file yang bersangkutan adalah ‘rwx’, akses kelompok adalah ‘rw’, dan akses user lain ‘r’. Bila diawali dengan ‘d’, maka yang kita lihat adalah sebuah folder (directory).
Hak akses juga dapat ditampilkan dalam bentuk bilangan, di mana sebuah angka mewakili sebuah level. Angka pertama untuk pemilik, angka kedua untuk kelompok dan angka ketiga untuk lainnya.
Berikut ini angka merupakan jumlah dari hak yang telah diberikan.
r = 4
w = 2
x = 1
Angka-angka ini dijumlahkan.
Contoh: Pemilik boleh membaca, menulis dan menjalankan, maka nilainya 4 + 2 + 1 = 7. Bila kelompok hanya boleh membaca dan menjalankan, nilainya 4 + 1 = 5. User lain tidak mendapatkan akses, sehingga nilainya 0. Dengan demikian hak akses untuk file ini adalah 750. Cara ini diaplikasikan dalam Linux dengan menggunakan perintah ‘chmod’.
Di depan ketiga angka, sering terdapat sebuah angka lain dalam Samba biasanya ‘0’ untuk menempatkan atribut ‘set user ID’, ‘set group ID’, atau ‘sticky’. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai atribut tersebut gunakan perintah ‘man chmod’ dari shell/terminal/bash.
Pemilik dan kelompok sebuah file dapat diubah melalui perintah ‘chown’ dan ‘chgrp’. Info lebih rinci melalui perintah ‘man’

Hak akses: Seluruh file dan folder pasti memiliki hak akses yang terdiri dari tiga pengelompokkan hak, yang dapat diubah menggunakan perintah ‘chmod’.

Selamat mencoba!


Leave a Reply